Sabtu, 09 Maret 2019

Media Cetak (2/3)

Muckraking

• Di akhir 1800an dan awal 1900an, majalah mulai mengambil alih peran koran dalam pelaporan investigasi.
• Muckraking mengutamakan perhatian pada skandal dan korupsi dalam pemerintahan dan berbagai monopoli perusahaan.
• Sirkulasi nasional dengan harga murah meraih jutaan pembaca yang yang mengakibatkan efek yang hebat dalam opini publik.

Majalah Modern
• Setelah tahun 1920an, majalah bersaing dengan radio dan film yang berkembang sebagai media massa baru.
• Untuk menyesuaikan dengan pangsa pasar maka muncul targeted magazine yang spesifik seperti majalah khusus wanita, majalah hobi,  pekerjaan dan minat.
• Terbit  news magazine yang bersaing dengan koran, seperti majalah Time. 
• Di akhir tahun 1990, dengan adanya desktop publishing,  fotokopi murah, dan publikasi majalah secara virtual dalam world wide web, makin sedikit hambatan untuk masuk dalam industri majalah dan makin mudah untuk mencapai tujuan untuk membesarkan majalah dengan modal sedikit karena adanya publikasi di internet. Namun, bagaimanapun juga, seperti halnya majalah cetak, masih banyak hambatan dalam majalah berbasis internet yang mengakibatkan kegagalan.

Raksasa Penerbit
• Sejalan dengan turunnya biaya cetak, makin banyak warga Amerika yang memiliki hardback books, dan industri penerbitan Amerika  berkembang sebelum Perang Dunia II.
• Perang dunia II membantu mempopulerkan penggunaan paperback.
• Kini, di era internet, banyak perusahaan penerbitan yang berharap meraih keuntungan dari penggunaan internet.  Namun ada juga yang justru malah rugi

Penerbitan di Era Informasi
• Sejak tahun 1960an, komputerisasi mulai memimpin berbagai perubahan di media cetak. Di tahun 1970an, komputer menggantikan mesin typesetting.
• Munculnya konsep Custom Publishing menggunakan fleksibilitas dari penerbitan berdasar komputer untuk mencetak bagian-bagian tertentu. Hal ini dikenal dengan nama print-on-demand dimana pencetakan buku dilakukan saat ada pesanan dari konsumen

E-Publising
Efek dari adanya teknologi baru terhadap penerbitan buku :

1. Penghematan waktu dan pekerja
2. Pembeli menikmati kenyamanan dan kemudahan dalam mencari buku dalam search engine


Masalah yang mendasar :


teks komputer lebih sulit dibacasekitar 60 persen lebih lambat daripada membaca tulisan diatas kertas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar