Sabtu, 09 Maret 2019

Radio (2/2)

>> Networks

• Membuat stasiun radio saling berkaitan juga dapat menghemat keuangan. Daripada setiap radio membayar biaya produksi setiap programnya masing-masing, akan lebih murah jika semua stasiun berbagi biaya sebuah program dan menyiarkan program yang sama ke semua stasiun.

• Stasiun berjejaring juga dapat meningkatkan iklan yang dapat mengjangkau wilayah yang lebih luas.

>> Peraturan Pemerintah

Semakin banyaknya stasiun radio yang menunjukkan kesuksesan penyiaran, menjadikan munculnya masalah interferensi. Akhirnya untuk menyelesaikan masalah tersebut, Federal Radio Commission (FRC) membuat aturan beberapa hal seperti :  band AM, menstandarkan desain channel, dan meminimalisir interferensi. Pada tahun 1920, masalah-masalah tersebut dapat teratasi.

>> The Depression : 1930-1940

Pada tahun 1930-1940, Amerika dilanda keterpurukan keuangan. Namun hal ini tidak terlalu berdampak pada industri radio dibandingkan industri lainnya. Jumlah uang yang dihabiskan untuk memasang iklan di radio justru naik tiga kali lipat dari tahun 1930 ke 1935.

>> Lahirnya FM
• Pada pertengahan tahun 1930an, Edwin Howard Amstrong mempertunjukkan radio Frequency Modulated (atau disingkat “FM”) kepada temannya David Sarnoff, kepala RCA. Namun sayangnya Sarnoff lebih tertarik pada perkembangan televisi. Akhirnya Amstrong pun membangun FM nya sendiri. Ia mendemonstrasikan transmitternya, dan pada tahun 1940 menjualnya ke beberapa perusahaan. Sarnoff menawarkan 1 juta dollar Amerika untuk lisesnsi terhadap penemuan Amstrong, tetapi Amstrong masih marah terhadap penolakan Sarnoff di awal.


• Perkembangan FM lebih lanjut terinterupsi oleh dimulainya Perang Dunia II 


>> Perang Dunia II

Pada saat perang dunia II, radio berjalan dengan baik. Jumlah iklan radio justru naik dua kali lipat dari tahun 1940 ke 1945. Iklan pada radio justru melebihi iklan pada surat kabar pada tahun 1943.

>> Inovasi & Perubahan : 1945-1954

• Selama periode 9 tahun PD II, terjadi perubahan pada industri radio dan rekaman yang membuat kedua industri tersebut menjadi berdekatan. Perkembangan televisi menghambat pertumbuhan radio FM, dan membuat radio tergantung pada rekaman sebagai strategi sebuah acara baru.

• Tahun 1948, munculnya TV membawa dampak besar pada industri radio. Penghasilan radio turun tajam. Strategi yang kemudian ditempuh oleh radio adalah dengan mengurangi jumlah berita dan menggantinya dengan acara musik. Hingga muncul program Top 40 pada tahun 1960 yang sukses.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

• Radio online tidak sama dengan radio digital
• Teknologi digital dapat mengurangi hambatan suara dan memberikan suara yang lebih jelas untuk menembus gedung dan pegunungan.
• Lembaga Penyiaran Publik RRI dan lembaga radio swasta mendorong digitalisasi radio di Indonesia
• Hingga saat ini Indonesia belum memiliki regulasi terkait digitalisasi radio termasuk infrastruktur penerima siaran digital atau "receiver" yang masih belum ada
• Harga instrumen penerima siaran radio digital haruslah terjangkau agar bisa diadopsi masyarakat




• Mobile Radio Program > aplikasi radio di HP. Nyatanya orang masih enggan menginstall karena benefitnya kurang jelas.

• Podcast > sistem berlangganan. Bisa download


Tidak ada komentar:

Posting Komentar