Sabtu, 09 Maret 2019

Radio Program (1/4)


Jenis Program radio non berita

Jenis program radio non-berita (recorded): 
1. Jingle/ Promo Program
2. Radio Spot (Iklan komersial)
3. Radio Spot (Iklan layanan    masyarakat)

Pengertian Jingle = Lagu Dalam Iklan
Jingle adalah pengulangan brand name dan slogan (tagline) dengan ritme tertentu.
CONTOH:
Ye ye ye minum Boneeto...“
Top top top top..yg ini memang coklat top, Top top top top..rasan
a memang top! Top..top..top coklat top ya memang nge-top!
Aku dan kau suka Dancow..

Jingle adalah pengulangan brand name dan slogan (tagline) dengan ritme tertentu

Dengrakan Baik-Baik...



Tujuan Pembuatan Jingle

Ø Untuk kepentingan yang long-lasting (tidak seperti radio spot, gimmick atau lagu iklan yang biasanya maksimum digunakan untuk satu tahun saja atau di dalam waktu ttt)
Ø Jingle biasanya digunakan dan akan efektif untuk        berbagai keperluan, namun yang utama adalah sebagai Signature Tune dr semua materi komunikasi brand tsb    (kecuali di print ad) 
Ø Jingle biasanya diperlukan ketika stage of lifecycle dari produk tsb masih premature.  Contoh: pada saat launch.Sehingga, diperlukan peningkatan awareness secara     cepat terhadap nama brand, dan juga slogannya (Karna slogan is a positioning of the product).

Promo Program = Radio Exposure


Jelaskan berdasarkan PROFIL PROGRAM
Ekspose ttg apa nama program acaranya? Hari apa dan jam berapa program anda disiarkan? Siapa nama penyiarnya? Apa saja yang diomongin di program tsb?
ada siapa saja bintang tamu or narsum nya? Jenis lagu2 yang diputar seperti apa?

Langkah 1 Membuat Promo Program
1. Pelajari dengan seksama jenis programnya
2. isi programnya?
3. Siapa pendengarnya?
4. Apa karakter programnya?
5. Pelajari juga karakter penyiar program tsb


Tujuan radio promo: memandu seorang pendengar untuk menyimak program
tersebut.

Langkah 2 Membuat Promo Program
Ø Pastikan jadwal siarannya. Apakah pagi, siang, sore atau malam?
Ø Tujuan: berpengaruh terhadap tensi atau mood dari radio promo tersebut.
Ø Malam berati rileks dibanding pagi atau siang,

Langkah 3 Membuat Promo Program
1. Ketahui dengan pasti, apa tujuan program tersebut dipromokan ?

2. Sekedar memberi tahu kah? mengajak mendengarkan kah?  atau meminta pendengar ikut berinteraksi ?
3. Yang paling sering terjadi adalah, radio promo dengan karakter sama saja. Tidak
peduli acara yang  dipromokan itu membutuhkan sentuhan lebih.  Apalagi buat program yang bersponsor

Langkah Selanjutnya


Tahap selanjutnya sama seperti tahap-tahap pembuatan Spot Radio Comersial/PSA.

4.Lakukan brainstorming ide (lebih baik dilakukan lebih dari satu orang).
5.Pilihlah ide yang paling kreatif dan sesuai        dengan point 1 dan 2
6.Buatlah naskah yang terbaik berdasarkan point 3 dan 4
7.Lengkapi dengan sound effect dan musik serta cuplikan programnya. Cuplikan
   program juga jangan asal pilih. Carilah cuplikan yang paling  menarik dan atau
   kontroversial. Telinga pendengar akan memberikan perhatian lebih kepada 
   cuplikan acara semacam itu.
8.Pilih narrator dan voicer over yang tepat
---------------------------------------------------------------------------------------------------
Konsep Kreatif
1.Idiom                   : penggambaran pesan dalam bentuk penampilan adegan
2.Gaya                    : penyampaian dengan memakai referensi tertentu
3.Bunyi                   : musik & SFX yang melatar belakangi pesan
4.Imaji                    : menarik – bisa dipercaya dan menggetarkan hati
5.Wacana               : kata-kata yang berisi pesan verbal
6.Momentum        : memanfaatkan events tertentu
7.Talent                  : mampu mengembangkan kreatif pesan
8.Skill                      : pada kerja produksi rekaman
9.USP                      : memiliki nilai jual (berbeda dengan yang lain)



CONTOH  PROMO PROGRAM 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar